Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

ADA MARANGGI TAPI BUKAN SATE, MALAH BISA MENGENTASKAN STUNTING?

ADA MARANGGI TAPI BUKAN SATE, MALAH BISA MENGENTASKAN STUNTING?

Pusakamlya, 08 September 2023. Selain nama makanan lezat khas Purwakarta, Maranggi di Desa Pusakamulya memiliki arti lain yaitu Maranggi (MAsak baReng kANGGo ngenalken makanan bergizI). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh ahli gizi puskesmas Kecamatan Kiarapedes yaitu  ibu Rahayu. Tujuan diadakannya inovasi Maranggi ini adalah untuk memberikan pengajaran pelatihan kepada ibu-ibu yang memiliki anak balita khususnya balita yang menderita stunting. Dikarenakan masih tingginya angka stunting di Desa Pusakamulya yaitu sebanyak 49 anak. Dengan angka yang cukup menghawatirkan tersebut inovasi ini diharapkan dapat menurunkan angka stunting di Desa Pusakamulya, karena sudah dibuktikan di Desa Margaluyu dengan adanya inovasi ini dapat menurunkan angka stunting yang sangat signifikan. Ahli gizi puskesmas Kecamatan Kiarapedes mengatakan bahwa sudah ada 38 anak yang terbebas dari stunting dari jumlah awal sebanyak 40 orang, artinya hanya 2 orang anak lagi yang masih menderita stunting.

Kegiatan ini dijadwalkan setiap minggu di hari kamis bertempat di Taman PKK Desa Pusakamulya yang tahap pertama ini dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK yang terdiri dari para warga dan istri para perangkat desa serta didampingi oleh ibu kepala Desa Pusakamulya ibu Nunung Rahayu dan para PRAJA Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan 31 yang sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja, dengan pelatihan langsung oleh ahli gizi yang  kemudian di minggu selanjutnya kader ibu-ibu PKK ini yang akan menjadi pelatih untuk ibu-ibu balita yang lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh ahli gizi puskesmas Kiarapedes dengan bersama – sama kader posyandu dengan memasak makanan bergizi yang telah ditimbang, dihitung setiap gizinya dan memasak makanan secara benar tanpa menghilangkan gizi didalam kandungan makanan tersebut. Kemudian hasil makanan yang sudah jadi yang mengandung gizi 4 sehat 5 sempurna ini diberikan kepada anak stunting di Desa Pusakamulya.

Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat menurunkan angkat stunting khususnya di Desa Pusakamulya dan meningkatkan pengetahuan para ibu-ibu PKK dalam mengelola makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler